Tuesday, December 20, 2011

Cara Efektif Menjaga Komputer Agar Bebas Dari Virus

apakah akah komputer anda sering terserang virus? Sering kali kita merasa jengkel karena komputer kesayangan kita rusak dan harus di install ulang, kerap kali hal ini terjadi diakibatkan oleh ulahnya si tangan jahil yang tak bertanggung jawab, mengutak ngatik, mengobok obok isi perut harddisk kita. Dan akibat dari perbuatannya itu banyak terjadi perubahan bahkan kerusakan pada system komputer, yang membuat komputer kita berjalan tidak normal.

1. Email adalah salah satu cara umum yang digunakan komputer Anda dapat terserang virus. Sehingga selalu disarankan untuk menjauh dari SPAM. Buka email hanya mereka yang memiliki asal itu dari sumber yang terpercaya seperti yang berasal dari daftar kontak Anda. Jika Anda menggunakan email pribadi Anda sendiri host (selain gmail, yahoo, hotmail dll) maka sangat dianjurkan agar Anda menggunakan baik perangkat lunak anti-spam. Dan akhirnya jangan pernah mengklik link apapun dalam email yang berasal dari sumber yang tidak dipercaya.

2. USB flashdisk / pen drive adalah salah satu cara umum yang digunakan virus menyebar dengan cepat. Jadi, selalu lakukan kebiasaan yang baik untuk melakukan scan virus sebelum mengcopy data apapun ke komputer Anda. Jangan pernah double klik FLASHDISK untuk membukanya. Lebih baik lakukan klik kanan dan pilih opsi “open”. Ini adalah cara yang aman untuk membuka flashdisk.

3. Hati-hati tentang menggunakan MS Outlook. Pandangan yang lebih rentan terhadap worm dibandingkan program e-mail lainnya, kecuali jika Anda telah menginstall program Anti-Virus. Gunakan Pegasus atau Thunderbird (oleh Mozilla), atau program berbasis web seperti Hotmail atau Yahoo (Di Firefox).

baca selengkapnya di: www.ilmuti.com

No comments:

Post a Comment